Pendidikan

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

  1. Kelebihan
  2. a)Dapat menutupi proses kekurangan proses pembelajaran. Seperti keterampilan memecahkan masalah, mengemukakan pendapat, berdebat, menggunakan berbagai sumber informasi, mengumpulkan data, membuat laporan dan sebagainya.
  3. b)Mendorong adanya kolaborasi (komunikasi dan hubungan) antara siswa dan antara siswa dan guru.
  4. c)Memungkinkan guru mengakses kemampuan siswa membuat atau menyusun laporan, menulis dan menghasilkan berbagai tugas akademik
  5. d)Meningkatkan dan mengembangkan wawasan siswa mengenai isu atau masalah kemasyarakatan atau lingkungan nya.
  6. e)Mendidik siswa memiliki kemampuan merefleksi pengalaman belajarnyasehingga siswa termotivasi untuk belajar lebih baik dari yang sudah mereka lakukan
  7. f)Pengalaman belajar yang tersimpan dalam memorinya akan lebih tahan lama karena sudah melakukan serangkaian proses belajar dari mengetahui, memahami diri sendiri, melakukan aktifitas dan belajar bekerjasama dengan rekan-rekan dalam kebersamaan.
  8. g)Hak otonomi mengajar pada guru dalam mengembangkan kemampuan, kemauan, daya nalar, serta fungsi perannya sebagai fasilitator, mediator, motivator, dan rekonstruktor pembelajaran di dalam kelas, tukar pendapat, informasi, dan pengetahuan untuk meningkatkan daya nalar dan pengetahuan dengan rekan guru,
  9. h)Mampu mendorong keaktifan siswa karena pengembangan materi pembelajaran ditugaskan secara berkelompok,
  10. i)Mendorong eksplorasi   materi yang relevan dengan pokok bahasan, sehingga dapat diperoleh sejumlah dokumen bahan pembelajaran sebagai upaya perluasan pengetahuan,
  11. j)Mudah dilakukan apabila tersedia perpustakaan yang memadai, maupun internet, Sangat menguntungkan dalam hal perluasan pengetahuan materi pembelajaran sebab dengan satu topik   pembelajaran, diperoleh sejumlah sudut pandang yang berbeda dari materi yang sejenis,
  12. k)Dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, tanggung jawab dan partisipasi peserta didik seperti belajar menilai dan mempengaruhi orang/kebijakan umum, memberanikan diri untuk berperan dalam kegiatan antar siswa, ataupun antar sekolah
  13. l)Mengacu pada sejumlah prinsip dasar pembelajaran yaitu prinsip belajar   siswa aktif (Student active learning), kelompok belajar kooperatif (cooperative learning) pembelajaran partisipatorik  dan mengajar yang reaktif ( reactive learning).

sumber :