STRATEGI PEMBELAJARAN LIFE SKILLS
Pendidikan

STRATEGI PEMBELAJARAN LIFE SKILLS

STRATEGI PEMBELAJARAN LIFE SKILLS

STRATEGI PEMBELAJARAN LIFE SKILLS
STRATEGI PEMBELAJARAN LIFE SKILLS

Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar terutama penduduk usia muda. Penduduk usia muda kebanyakan merupakan usia akademik dimana mayoritasnya menempuh bermacam pendidikan yang ada. Berbagai macam metode pendidikan seperti home schooling, privat, maupun yang secara langsung di sekolah telah tersedia di Indonesia. Tak hanya itu, bermacam kurikulum dan sistem pendidikan telah dicoba dan diterapkan di Indonesia, akan tetapi mutu pendidikan di Negara ini masih dikategorikan rendah mengingat perkembangan Negara belum sepesat Negara lain. Pendidikan yang telah diterapkan di Indonesia sebenarnya sudah sangat berkualitas, namun ada beberapa hal yang dilupakan sehingga metode pengajaran dirasa kurang efektif. Salah satunya yang terpenting namun sering dilupakan adalah life skill atau kecakapan hidup.

Saat ini masalah “life skills” melalui pendidikan formal menjadi aktual untuk dibahas karena berbagai alasan yang sangat rasional seperti meningkatnya lulusan pendidikan dasar yang tidak melanjutkan ke jenjang sekolah menengah, lulusan sekolah menengah yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Life skill erat kaitannya dengan kecakapan atau kemampuan yang diperlukan sesorang agar menjadi independen dalam kehidupan. Pendidikan life skills mengorientasikan siswa untuk memiliki kemampuan dan modal dasar agar dapat hidup mandiri dan survive di lingkungannya. Pendidikan life skills diperlukan dan mendesak untuk diterapkan di Indonesia karena muatan kurikulum di Indonesia cenderung memperkuat kemampuan teoritis-akademik (academic skills). Pembelajaran life skill merupakan salah satu alternatif sebagai upaya mempersiapkan peserta didik agar memiliki sikap dan kecakapan hidup sebagai bekal bagi kehidupannya kelak melalui sebuah kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatis dan menyenangkan.

  1. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dari penulisan makalah ini adalah:

  1. Apakah pengertian dari life skills itu?
  2. Apakah tujuan pendidikan life skills?
  3. Prinsip apa sajakah yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan life skills?
  4. Bagaimanakah proses pembelajaran dan pelaksanaan pendidikan yang berorientasi pada life skills?
  5. Landasan apakah yang digunakan sebagai pijakan dalam pelaksanaan pengembangan life skills?
  6. Bagaimanakah pola pelaksanaan pembelajaran life skills?
  1. Tujuan Pembahasan

     Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah:

  1. Untuk mengetahui pengertian dari life skills,
  2. Untuk mengetahui tujuan pendidikan life skills,
  3. Untuk mengetahui apa saja prinsip pembelajaran pendidikan life skills,
  4. Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan pelaksanaan pendidikan yang berorientasi pada life skills,
  5. Untuk mengetahui landasan yang digunakan sebagai pijakan dalam pelaksanaan pengembangan life skills, dan
  6. Untuk mengetahui bagaimana pola pelaksanaan pembelajaran life skills.

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/